laporan buku fiksi tentang cerita animorphs
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Maksud dan Tujuan penulisan
laporan
Laporan buku merupakan suatu bentuk penyajian hasil pengamatan atau pengkajian,
terhadap suatu buku baik fiksi maupun non fiksi (ilmiah) Laporan buku yang
penulis susn ini adalah laporan buku fiksi yang berjudul Salah Pilih . laporan
buku fiksi ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu tugas Praktek Bahasa
Indonesia pada semester genap VI program IPA .
Adapun tujuan penulisan laporan buku fiksi ini adalah memotivasi penulis dan
para pembaca agar mau dan mampu, memahami, membaca, serta menganalisa isi
(makna) dari sebuah buku fiksi . untuk itu, laporan buku fiki ini diharapkan
dapat membantu dan memudahkan seseorang dalam mempelajari suatu karya fiksi.
Ruang lingkup pembahasan dalam laporan buku fiksi ini menyangkut synopsis,
unsur-unsur intrinsic yang terdapat di dalam sebuah karya fiksi dan penilaian
terhadap buku fiksi ini dilihat dari beberapa aspek.
1.2 Identitas
Buku
a.
Judul : Animorphs
b.
Pengarang : K.A. Aplegate
c.
Kota/ Tahun terbit :
Jakarta,2003
d.
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
e.
Cetakan : XVII ( tujuh belas )
f.
Jumlah Halaman :
152 Halaman
g.
Dipersembahkan kepada : Semua pembaca
h.
Format Perwajahan
3
1.
Format Perwajahan
Depan :
Bagian depan
didominasi oleh warna Hijau kebiruan, dan judul buku Animorphs terletak diatas
dengan tulisan indah berwarna Hijau. Terdapat gambar wanita cantik berubah
menjadi seekor cumi cumi. Nama pengarang terletak di bawah judul buku tersebut,
terdapat juga tulisan dibagian paling bawah berwarna putih.
2.
Format perwajahan
belakang
Bagian belakang
terdapat ringkasan tentang isi buku tersebut dengan warna tulisan berwarna
putih dan bagian belakang di dominasi warna hijau kebiruan, di sudut kanan
bawah terdapat kode produksi buku tersebut, dan disudut kiri bawah terdapat
tempat penerbitan dan alamat terbitnya, serta nomor telepon penerbitnya.
4
BAB II
LAPORAN ISI BUKU
2.1 SINOPSIS
Namaku, Rachel aku tinggi , rambutku
pirang. Aku mencoba menjadi anak yang normal. Menurut ku keselamatan selalu
yang utama bagiku. Aku takkan mengatakan nama kluarga atau dimana tempat
tinggalku. Karena itu akan membuat ku dan teman-teman ku terbunuh.
Bukannya, kami tidak akan melawan,
tentu saja tapi saja….
Kami lima anak dan andalite yang
sepengetahuanku, aku harus berpegang pada tiga hal utama, yang membuat kami
dapat terus hidup, kemampuanuntuk morf dengan mengambil DNA hewan.
Anonimitas . tak seorang pun tahu
siapa kami. Keuntungan berada dalam satu tim
Sejauh
ini, itu cukup untuk membuat kami untuk tetap terus hidup dan menyerang para
yerrk dengan serius. Mereka spesies parasit yang ada disini untuk memperbudak
bumi.
Kalau yerk punya daftar yang paling
dicari kami pasti ada di urutan atas, mereka sangat menginginkan kami. Mungkin mereka
akan mebunuh kami,.
Mungkin mereka akan melakukan apa
yang sudah mereka lakukan pada begitu banyak manusia : untuk masuk kedalam kami
dan mengambil ahli otak kami dan membuat kami menjadi pengendali. Pengedali adalah
orang yang telah di perbudak oleh yerk, dan mereka ada dimana-mana .
Mereka orang-orang yang kalian kenal
. orang-oranmg yang kalian percayai. Wakil kepala sekolah kami, Mr. Chapman
sepupuku Tom, para guru, pembawa acara tv, sopir Fedex , pelayananm pelajar,
pekerja bangunan, semua orang berkeliaran seperti manusia normal, membujuk
teman-teman dan keluarga mereka untuk bergabung dengan Sharing, organisasi
menutupi kegiatan yerrk. Dan begitu kalian bergabung tidak jalan keluar.
Kalian akan menjadi pengendali.Kalian berjalan
dan berbicara seperti biasa. Kalian memiliki ingatan yang sama dan tapi otak
kalian telah di kendalikan nya.
Pada suatu hari Pesawat Pemalite
dengan hati-hati , sopan, menyesal semua yerk termasuk, visser three yang
mengamuk, kedalam pesawat BUG FIGHTER mereka dimodifikasi .
5
Akan kubunuh kalian semua, akan
kuhancurkan sepotong demi sepotong, aku akan kembali dan tak ada yang dapat
menghancurkan ku, kalian semua akan mati, kalian semuaandalite dan ….. dan
siapa pun yang menjalankan kapal ini, akan kubunuh kalian semua, kata visser
three.
Berulang-ulang kami sangat menyesal
anda mengalami saat yang buruk, kata kapal itu. Mungkin kita bisa bertemu lagi di lain waktu dan menikmati
aktivitas yang menyenangkan bersama-sama.
Setelah semua nya pergi kami morf dan
pergi seperti kami datang tadi. Kapal itu juga sopan pada kami. Tapi ia
menginginkan kami juga pergi. Hanya sepuluh menit dari saat kami mematikan
sinyal yang membukukan parachee sampai saat Erek tiba dikapal itu untuk
menghentikan pertempuran kami dengan para yerk.
Sepuluh menit untuk datang dari
daratan, dan menyelam tujuh setengah kilo meter kedalam lautan. Kalau saja
butuh lima belas menit…. Drode itu benar untuk satu hal : chee punya kekuatan
yang dapat membuat pemalite menjadi penguasa galaksi.
Kekuatan sedasyat itu dan apa yang ingin
dilakukan kembali hanya bermain, belajar, dan bergembira, sebelum kami mencapai
permukaan samudra, kapal pemalite itu sudah di indahkan, kali ini ke kedalaman
yang hanya dapat dicapai android malam sudah larut saat kami sampai di rumah .
kami lelah, kecapaian, dan merasa rapuh, setelah seharian bertempur habis
habisan.
Orang tua kami masingmasing, dan kami
semua di hukum. Kurasa tak ada yang keberatan, aku bertanya-tanya apakah
seharusnya aku menceritakan tawaran drode yang mengerikan itu pada jake.
Tapi kemudian aku memutuskan untuk
tidak melakukannya aku tahu akan takkan pernah menyerah. Aku kenal diriku
sendiri , aku tahu batas-batasan ku, aku tahu, tapi apa yang telah dilihat
drode dan majikannya crayak dalam diriku
adalah benar.
Jake tahu itu ia mempercayai ku, tapi
mungkin akan ada saat nya dia mempercayaiku, tapi mungkin aka nada saat nya dia
meragukanku,…. Jake sudah punya cukup masalah yang membebaninya. Aku berlari-lari
menyusuri pantai hari berikutnya . kau bahkan tak bisa melihat bekas tempat
paus sperm itu terbaring, terengah-engah mencari nafas.
6
Aku mendengar siaran berita
mengatakan pergantian arah angin aneh telah membuat pasang naik dan membebaskan
paus itu, itu saja , aku lebih tahu , aku merasa ada bayangan mungil melewatiku,
menutupi sinar matahari dari pandangan ku sesaat.
Aku bahkan mendongak , aku terus
berlari mungkin aku bisa menemukan tempat tersembunyi entah dimana dan morf. Beberapa
menit kemudian, “hei! Rachel? “. Aku berbalik, kaget melihat T.T.
Berlari-lari kecil mengejar ku “ apa
?” kataku, mengeluh saat ia berhasil menyamai langkah ku .“ well, eh kalau
mungkin kamu mau pergi menonton bioskop bersama ku juga pada akhirnya “ katanya
dengan gugup, sambil melirik ke arah ku. Perut ku terasa mulas , dia
benar-benar tampan dan sangat normal. Sangat bukan tobias. Dia pasti belum
pernah makan tikus.
Tapi di pihak lain dia juga belum
pernah morf menjadi paus sperm dan menyelam kedasar samudra saat otaknya nyaris
tak dapat meredam kekuatan, hanya supaya bisa menjagaku.
“aku tahu. Aku akan
jadi elang dan naik ketas sana. Tunggu aku”.Selalu, katanya .
7
2.1 Unsur
Intrinsik
A.
Tema Cerita :
Kisah seorang
gadis petualang yang ingin menyelamatkan dunia dari kekuasaan para Yerrk yang
jahat.
B.
Alur Cerita : Cerita ini Alur maju
Data Tekstual :
Halaman 1 : “Namaku Rachel”.
Halaman 7 :
“Aku berjalan menyusuri jalan”
Halaman 10 :
“Aku ingin nanti para Yerk akan mati”.
C.
Setting Cerita :
Siang, sore, Malam
Data Tekstual :
Halaman 3 : “….saat siang”.
Halaman 12 :
“…. Hari sudah sore”.
Halaman 87 : “…..malam hari buat ku penat”.
D.
Latar Belakang : Cerita ini lahir dari kisah gadis petualang
yang ingin
menyelamatkan dunia dari pengedalian Yerrk.
Data
Tekstual : Halaman 2 : “… Aku tidak member tahu kan identitasku
karena
aku tidak mau
teman-teman ku terbunuh
E.
Point of View : Point of view cerita ini adalah sudut pandang orang I
(pertama)
dan sudut pandang orang ke III ( ketiga).
Data Tekstual : Halaman 2 : “..Aku tidak ingin teman-temanku terbunuh”.
Halaman 5
: “ … si Yerrk pengendali itu”
F.
Gaya bahasa :
1.
Personifikasi :
Data Tekstual
: Halaman 72 :
“ .. tangan nya bagai bekerja mengendalikan otak”
2.
Metonimia :
Pada setiap judul sub bagian dalam cerita
3.
Pleonasme :
Data tekstual : Halaman
156 : “ yang jahat
itu, “
8
G.
Penokohan :
1.
Rachel : Gadis yang tinggi, berambut pirang yang pandai yang
ingin
dunia selamat dari
ancaman yerrk.
2.
Yerrk : mahkluk asing yang jahat, yang ingin
menguasai dunia.
3.
Drode : Sahabat baik nya Rachel
yang mengerti nya
Data Tekstual
:
Halaman 1 : “ Aku gadis tinggi ,
berambut pirang , yang pandai yang ingin
menyelamatkan teman-temanku”.
Halaman 148 :” yerrk yang mengamuk, berkata
aku akan balas dendam dan akan
menhancurkan pesawat pemalite”.
Halaman 89 :” Aku akan membantumu Cheel…!”
H.
Amanat :
1.
Nilai sosial : Didalam cerita ini tersirat bahwa dia tidak
mau memberikan
identitas keluarga nya karena ingin itu akan membahayakan
teman-
temannya
Data Tekstual :
Halaman 2 : Aku tidak akan membri identitas keluargaku
karena itu kan membahayakan mereka.
a.
Nilai Nasionalisme : Cerita ini menggambarkan bahwa kita harus mematuhi perintah
orang tua untuk tetap menjadi manusia normal
b.
Nilai Pendidikan : Cerita ini menerangkan bahwa
pendidikan itu sangat penting walaupn sedang dalam bahaya.
c.
Nilai Politik : Cerita ini member kita
pemahaman bahwa kita harus menaati hukum dan peraturan di sekolah.
d.
Nilai Keagaman : Terdapat nilai Keagamaan dalam Roman
ini yang mengingatkan kita untuk selalu berdoa ketika sedang dalam bahaya.
2.2 Penilaian
A.
Penilaian terhadap
Tema cerita :
Menurut saya,
persoalan yang diangkat dalam cerita “Amorphs” ini telah mewakili cara berfikir
modern, yaitu menyangkat permasalahan mengenai cara pandang seseorang yang rela
berjuang demi menyelamatkan dunia.
9
B.
Penilaian terhadap
Sistematika Penyusunan Gagasan :
Sistematika
penyusunan gagasan dalam cerita ini sangat ideal, karena memaparkan semau isi
ceritanya, dengan jelas.
C.
Penilaian Penggunaan
Bahasa :
Cerita ini
lebih dominan menggunakan gaya bahasa baku yang cukup sulit dipahami pembaca
D.
Penilaian terhadap
Teknis Percetakan/ Perwajahan :
Buku Cerita
ini memiliki Perwajahan yang menarik minat pembaca untuk membacanya, yang
memiliki suatu makna dan arti yang dalam.
E.
Keunggulan dan
Kelemahan Buku :
Keunggulan
Buku ini adalah Mudah dipahami dan mudah di mengerti para pembaca karena
memiliki cerita yang unik, berisi cerita-cerita yang menarik minat orang untuk
membaca.
Sedangkan,
Kelemahan buku ini adalah Lebih Dominan Menggunakan bahasa baku, dan sulit di mengerti oleh
pembaca.
10
BAB III
PENUTUP
3.1 Penilaian
a.
Cerita ini
menggambarkan tentang Upaya yang kuat untuk menyelamatkan dunia
b.
Cerita ini menyajikan
pencerahan kepada kita tentang berbagai kemungkinan cara pandang
c.
Cerita ini memaparkan
amanat-amanat dan kenyataan yang ada pada kondisi yang menegangkan yang membuat
hidupnya sulit.
d.
Cerita ini disajikan
secara Imajinasi seseorang yang tinggi tentang kehidupan luar.
3.1. Saran
a)
Proses pencetakan
ulang buku ini dilakukan secara berkelanjutan untuk menamabah wawasan generasi
sekalian menjaga kejayaan dan keindahan sastra Indonesia
b)
Hendaknya buku ini
dilajdikan salah satu pelajaran dalam kehidupan sehari Karena cerita ini dapat
mel;atih pembacanya untuk menganalisa dan memahami suatu hal melalui cara
pandang
c)
Cerita ini mengandung
gaya bahasa yang baku yang dapat mempersulit pembaca memahami isi cerita . Oleh
karena itu, sebaiknya proses cetak ulang yang selanjutnya gaya bahasa yang
dipakai menggunakan bahasa yang santai , dan mudah dipahami orang.
11
DAFTAR PUSTAKA
12
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR 1
DAFTAR ISI 2
BAB I
1.
PENDAHULUAN
1.1 MAKSUD
DAN TUJUAN PENULISAN LAPORAN 3
1.2 FORMAT
PERWAJAHAN 4
BAB II
2.
LAPORAN ISI BUKU
2.1
SINOPSIS 5
2.2
UNSUR INTRINSIK 8
BAB III
3.
PENUTUP
3.1
SARAN 11
DAFTAR PUSTAKA 12
2
Komentar
Posting Komentar