laporan buku fiksi tentang cerita animorphs


BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Maksud dan Tujuan penulisan laporan

            Laporan buku merupakan suatu bentuk penyajian hasil pengamatan atau pengkajian, terhadap suatu buku baik fiksi maupun non fiksi (ilmiah) Laporan buku yang penulis susn ini adalah laporan buku fiksi yang berjudul Salah Pilih . laporan buku fiksi ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu tugas Praktek Bahasa Indonesia pada semester genap VI program IPA .

            Adapun tujuan penulisan laporan buku fiksi ini adalah memotivasi penulis dan para pembaca agar mau dan mampu, memahami, membaca, serta  menganalisa isi (makna) dari sebuah buku fiksi . untuk itu, laporan buku fiki ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan seseorang dalam mempelajari suatu karya fiksi.

            Ruang lingkup pembahasan dalam laporan buku fiksi ini menyangkut synopsis, unsur-unsur intrinsic yang terdapat di dalam sebuah karya fiksi dan penilaian terhadap buku fiksi ini dilihat dari beberapa aspek.


1.2  Identitas Buku
a.       Judul                                       : Animorphs
b.      Pengarang                               : K.A. Aplegate
c.       Kota/ Tahun terbit                   : Jakarta,2003
d.      Penerbit                                   : PT Gramedia Pustaka Utama
e.       Cetakan                                   : XVII ( tujuh belas )
f.       Jumlah Halaman                      : 152 Halaman
g.      Dipersembahkan kepada         : Semua pembaca
h.      Format Perwajahan                





3

1.      Format Perwajahan Depan :
Bagian depan didominasi oleh warna Hijau kebiruan, dan judul buku Animorphs terletak diatas dengan tulisan indah berwarna Hijau. Terdapat gambar wanita cantik berubah menjadi seekor cumi cumi. Nama pengarang terletak di bawah judul buku tersebut, terdapat juga tulisan dibagian paling bawah berwarna putih.
2.      Format perwajahan belakang
Bagian belakang terdapat ringkasan tentang isi buku tersebut dengan warna tulisan berwarna putih dan bagian belakang di dominasi warna hijau kebiruan, di sudut kanan bawah terdapat kode produksi buku tersebut, dan disudut kiri bawah terdapat tempat penerbitan dan alamat terbitnya, serta nomor telepon penerbitnya.



















4

BAB II
LAPORAN ISI BUKU
2.1  SINOPSIS
            Namaku, Rachel aku tinggi , rambutku pirang. Aku mencoba menjadi anak yang normal. Menurut ku keselamatan selalu yang utama bagiku. Aku takkan mengatakan nama kluarga atau dimana tempat tinggalku. Karena itu akan membuat ku dan teman-teman ku terbunuh.
            Bukannya, kami tidak akan melawan, tentu saja tapi saja….
            Kami lima anak dan andalite yang sepengetahuanku, aku harus berpegang pada tiga hal utama, yang membuat kami dapat terus hidup, kemampuanuntuk morf dengan mengambil DNA hewan.
            Anonimitas . tak seorang pun tahu siapa kami. Keuntungan berada dalam satu tim
            Sejauh ini, itu cukup untuk membuat kami untuk tetap terus hidup dan menyerang para yerrk dengan serius. Mereka spesies parasit yang ada disini untuk memperbudak bumi.
            Kalau yerk punya daftar yang paling dicari kami pasti ada di urutan atas, mereka sangat menginginkan kami. Mungkin mereka akan mebunuh kami,.
            Mungkin mereka akan melakukan apa yang sudah mereka lakukan pada begitu banyak manusia : untuk masuk kedalam kami dan mengambil ahli otak kami dan membuat kami menjadi pengendali. Pengedali adalah orang yang telah di perbudak oleh yerk, dan mereka ada dimana-mana .
            Mereka orang-orang yang kalian kenal . orang-oranmg yang kalian percayai. Wakil kepala sekolah kami, Mr. Chapman sepupuku Tom, para guru, pembawa acara tv, sopir Fedex , pelayananm pelajar, pekerja bangunan, semua orang berkeliaran seperti manusia normal, membujuk teman-teman dan keluarga mereka untuk bergabung dengan Sharing, organisasi menutupi kegiatan yerrk. Dan begitu kalian bergabung tidak jalan keluar.
             Kalian akan menjadi pengendali.Kalian berjalan dan berbicara seperti biasa. Kalian memiliki ingatan yang sama dan tapi otak kalian telah di kendalikan nya.
            Pada suatu hari Pesawat Pemalite dengan hati-hati , sopan, menyesal semua yerk termasuk, visser three yang mengamuk, kedalam pesawat BUG FIGHTER mereka dimodifikasi .
           
5
            Akan kubunuh kalian semua, akan kuhancurkan sepotong demi sepotong, aku akan kembali dan tak ada yang dapat menghancurkan ku, kalian semua akan mati, kalian semuaandalite dan ….. dan siapa pun yang menjalankan kapal ini, akan kubunuh kalian semua, kata visser three.
            Berulang-ulang kami sangat menyesal anda mengalami saat yang buruk, kata kapal itu. Mungkin kita bisa  bertemu lagi di lain waktu dan menikmati aktivitas yang menyenangkan bersama-sama.
            Setelah semua nya pergi kami morf dan pergi seperti kami datang tadi. Kapal itu juga sopan pada kami. Tapi ia menginginkan kami juga pergi. Hanya sepuluh menit dari saat kami mematikan sinyal yang membukukan parachee sampai saat Erek tiba dikapal itu untuk menghentikan pertempuran kami dengan para yerk.
            Sepuluh menit untuk datang dari daratan, dan menyelam tujuh setengah kilo meter kedalam lautan. Kalau saja butuh lima belas menit…. Drode itu benar untuk satu hal : chee punya kekuatan yang dapat membuat pemalite menjadi penguasa galaksi.
            Kekuatan sedasyat itu dan apa yang ingin dilakukan kembali hanya bermain, belajar, dan bergembira, sebelum kami mencapai permukaan samudra, kapal pemalite itu sudah di indahkan, kali ini ke kedalaman yang hanya dapat dicapai android malam sudah larut saat kami sampai di rumah . kami lelah, kecapaian, dan merasa rapuh, setelah seharian bertempur habis habisan.
            Orang tua kami masingmasing, dan kami semua di hukum. Kurasa tak ada yang keberatan, aku bertanya-tanya apakah seharusnya aku menceritakan tawaran drode yang mengerikan itu pada jake.
            Tapi kemudian aku memutuskan untuk tidak melakukannya aku tahu akan takkan pernah menyerah. Aku kenal diriku sendiri , aku tahu batas-batasan ku, aku tahu, tapi apa yang telah dilihat drode dan majikannya  crayak dalam diriku adalah benar.
            Jake tahu itu ia mempercayai ku, tapi mungkin akan ada saat nya dia mempercayaiku, tapi mungkin aka nada saat nya dia meragukanku,…. Jake sudah punya cukup masalah yang membebaninya. Aku berlari-lari menyusuri pantai hari berikutnya . kau bahkan tak bisa melihat bekas tempat paus sperm itu terbaring, terengah-engah mencari nafas.


6
            Aku mendengar siaran berita mengatakan pergantian arah angin aneh telah membuat pasang naik dan membebaskan paus itu, itu saja , aku lebih tahu , aku merasa ada bayangan mungil melewatiku, menutupi sinar matahari dari pandangan ku sesaat.
            Aku bahkan mendongak , aku terus berlari mungkin aku bisa menemukan tempat tersembunyi entah dimana dan morf. Beberapa menit kemudian, “hei! Rachel? “. Aku berbalik, kaget melihat T.T.
            Berlari-lari kecil mengejar ku “ apa ?” kataku, mengeluh saat ia berhasil menyamai langkah ku .“ well, eh kalau mungkin kamu mau pergi menonton bioskop bersama ku juga pada akhirnya “ katanya dengan gugup, sambil melirik ke arah ku. Perut ku terasa mulas , dia benar-benar tampan dan sangat normal. Sangat bukan tobias. Dia pasti belum pernah makan tikus.
            Tapi di pihak lain dia juga belum pernah morf menjadi paus sperm dan menyelam kedasar samudra saat otaknya nyaris tak dapat meredam kekuatan, hanya supaya bisa menjagaku.
 “aku tahu. Aku akan jadi elang dan naik ketas sana. Tunggu aku”.Selalu, katanya .
















7

2.1 Unsur Intrinsik
A.    Tema Cerita               :
Kisah seorang gadis petualang yang ingin menyelamatkan dunia dari kekuasaan para Yerrk yang jahat.
B.     Alur Cerita                : Cerita ini Alur maju
Data Tekstual            :  Halaman 1    : “Namaku Rachel”.
                                       Halaman 7    : “Aku berjalan menyusuri jalan”
                                       Halaman 10  : “Aku ingin nanti para Yerk akan mati”.
C.     Setting Cerita             :   Siang, sore, Malam
Data Tekstual            :   Halaman 3   : “….saat siang”.
                                       Halaman 12 : “…. Hari sudah sore”.
                                       Halaman 87 : “…..malam hari buat ku penat”.
D.    Latar Belakang         :  Cerita ini lahir dari kisah gadis petualang yang ingin
    menyelamatkan dunia dari pengedalian Yerrk.
            Data Tekstual              : Halaman 2     : “… Aku tidak member tahu kan identitasku karena
   aku tidak mau teman-teman ku terbunuh
E.     Point of View             : Point of view cerita ini adalah sudut pandang orang I (pertama)
                                       dan sudut pandang orang ke III ( ketiga).
Data Tekstual              : Halaman 2     : “..Aku tidak ingin teman-temanku terbunuh”.
                                      Halaman 5      : “ … si Yerrk pengendali itu”
F.      Gaya bahasa              :
1.      Personifikasi          :
Data Tekstual             :  Halaman 72  : “ .. tangan nya bagai bekerja mengendalikan otak”
2.      Metonimia             :  Pada setiap judul sub bagian dalam cerita
3.      Pleonasme             :
Data tekstual   :  Halaman 156            :  “ yang jahat  itu, “



8

G.    Penokohan                 :
1.      Rachel                   : Gadis  yang tinggi, berambut pirang yang pandai yang ingin
  dunia selamat dari ancaman yerrk.
2.      Yerrk                     :  mahkluk asing yang jahat, yang ingin menguasai dunia.
3.      Drode                    : Sahabat baik nya Rachel yang mengerti nya
Data Tekstual              :  
Halaman 1                   : “ Aku gadis tinggi , berambut pirang , yang pandai yang ingin
menyelamatkan teman-temanku”.
Halaman 148               :” yerrk yang mengamuk, berkata aku akan balas dendam dan akan
menhancurkan pesawat pemalite”.
Halaman 89                 :” Aku akan membantumu Cheel…!”
H.    Amanat                      :
1.      Nilai sosial       :  Didalam cerita ini tersirat bahwa dia tidak mau memberikan
identitas keluarga nya karena ingin itu akan membahayakan teman-
temannya
Data Tekstual              :  Halaman 2    :  Aku tidak akan membri identitas keluargaku
karena itu kan membahayakan mereka.
a.        Nilai Nasionalisme     : Cerita ini menggambarkan bahwa kita harus mematuhi perintah orang tua untuk tetap menjadi manusia normal
b.      Nilai Pendidikan         : Cerita ini menerangkan bahwa pendidikan itu sangat penting walaupn sedang dalam bahaya.
c.       Nilai Politik                 : Cerita ini member kita pemahaman bahwa kita harus menaati hukum dan peraturan di sekolah.
d.      Nilai Keagaman          : Terdapat nilai Keagamaan dalam Roman ini yang mengingatkan kita untuk selalu berdoa ketika sedang dalam bahaya.
2.2  Penilaian
A.    Penilaian terhadap Tema cerita                                         :
Menurut saya, persoalan yang diangkat dalam cerita “Amorphs” ini telah mewakili cara berfikir modern, yaitu menyangkat permasalahan mengenai cara pandang seseorang yang rela berjuang demi menyelamatkan dunia.
9
B.     Penilaian terhadap Sistematika Penyusunan Gagasan      :
Sistematika penyusunan gagasan dalam cerita ini sangat ideal, karena memaparkan semau isi ceritanya, dengan jelas.
C.     Penilaian Penggunaan Bahasa                                           :
Cerita ini lebih dominan menggunakan gaya bahasa baku yang cukup sulit dipahami pembaca
D.    Penilaian terhadap Teknis Percetakan/ Perwajahan          :
Buku Cerita ini memiliki Perwajahan yang menarik minat pembaca untuk membacanya, yang memiliki suatu makna dan arti yang dalam.
E.     Keunggulan dan Kelemahan Buku                                   :
Keunggulan Buku ini adalah Mudah dipahami dan mudah di mengerti para pembaca karena memiliki cerita yang unik, berisi cerita-cerita yang menarik minat orang untuk membaca.
Sedangkan, Kelemahan buku ini adalah Lebih Dominan Menggunakan  bahasa baku, dan sulit di mengerti oleh pembaca.














10

BAB III
PENUTUP
3.1 Penilaian
a.       Cerita ini menggambarkan tentang Upaya yang kuat untuk menyelamatkan dunia
b.      Cerita ini menyajikan pencerahan kepada kita tentang berbagai kemungkinan cara pandang
c.       Cerita ini memaparkan amanat-amanat dan kenyataan yang ada pada kondisi yang menegangkan yang membuat hidupnya sulit.
d.      Cerita ini disajikan secara Imajinasi seseorang yang tinggi tentang kehidupan luar.
3.1. Saran
a)      Proses pencetakan ulang buku ini dilakukan secara berkelanjutan untuk menamabah wawasan generasi sekalian menjaga kejayaan dan keindahan sastra Indonesia
b)      Hendaknya buku ini dilajdikan salah satu pelajaran dalam kehidupan sehari Karena cerita ini dapat mel;atih pembacanya untuk menganalisa dan memahami suatu hal melalui cara pandang
c)      Cerita ini mengandung gaya bahasa yang baku yang dapat mempersulit pembaca memahami isi cerita . Oleh karena itu, sebaiknya proses cetak ulang yang selanjutnya gaya bahasa yang dipakai menggunakan bahasa yang santai , dan mudah dipahami orang.








11


DAFTAR PUSTAKA



























12

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                                                                                           1
DAFTAR ISI                                                                                                                          2
BAB I                                                                                                                                    
1.      PENDAHULUAN
1.1 MAKSUD DAN TUJUAN PENULISAN LAPORAN                                     3
1.2 FORMAT PERWAJAHAN                                                                                 4
BAB II
2.      LAPORAN ISI BUKU
2.1  SINOPSIS                                                                                                                        5
2.2  UNSUR INTRINSIK                                                                                          8
BAB III
3.      PENUTUP
3.1  SARAN                                                                                                                11
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                                        12














2

Komentar

Postingan Populer