MAKALAH SISTEM POLITIK DI CINA


   SISTEM POLITIK DI CINA
BAB I
 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
                Sistem adalah suatu kesatuan yang terbentuk dari beberapa unsur (elemen).Unsur, Komponen, Atau bagian yang banyak ini satu sama lain berada dalamketerkaitan yang saling kait mengait dan fungsional. Sistem dapat diartikan pulasebagai suatu yang lebih tinggi dari pada sekedar merupakan cara, tata, rencana,skema, prosedur atau metode.
Politik berasal dari kata “ polis” (negara kota), yang kemudian berkembang
menjadi kata dan pengertian dalam barbagai bahasa. Aristoteles dalam Politics
mengatakan bahwa “pengamatan pertama –
tama menunjukan kepada kita bahwasetiap polis atau negara tidak lain adalah semacam asosiasi. Istilah politik dalamketatanegaraan berkaitan dengan tata cara pemerintahan, dasar dasar pemerintahan,ataupun dalam hal kekuasaan Negara. Politik pada dasarnya menyangkut tujuan-tujuanmasyarakat, bukan tujuan pribadi. Politik biasanya menyangkut kegiatan partai politik,tentara dan organisasi kemasyarakatan.Sistem Politik adalah berbagai macam kegiatan dan proses dari struktur danfungsi yang bekerja dalam suatu unit atau kesatuan (masyarakat/negara). Dapatdisimpulkan bahwa sistem politik adalah mekanisme seperangkat fungsi atau peranandalam struktur politik dalam hubungan satu sama lain yanh menunjukan suatu prosesyang langsung memandang dimensi waktu (melampaui masa kini dan masa yang akandatang)






1.2 TUJUAN PENULISAN
·         Makalah geografi ini tidak lain disusun dengan maksud dan tujuan sebagaiberikut.
·         Memenuhi salah satu tugas mata pelajaran PKN yang ditugaskan olehBapak dan Ibu Guru mata pelajaran PKN.
·         Menambah wawasan kita tentang sejarah Cina, ciri-ciri negara Cina,Sistem pemerintahan, Sistem politik, dan Ideologi yang diterapkan di Cina.

SISTEM POLITIK DI CINA
1.3 MANFAAT PEMBAHASAN
·         Dapat mengetahui sistem politik di Cina
·         Dapat mengetahui ciri-ciri negara Cina
·         Dapat mengetahui proses politik di Cina
·         Mengidentifikasi sejarah politik di Cina
·         Mengetahui apa saja peran serta masyarakat didalamnya.

1.4 RUMUSAN MASALAH
1) Apakah yang dimaksud dengan Sistem politik itu sendiri?2) Bagaimanakah proses politik di Cina?3) Bagaimana sejarah sistem politik Cina?4) Apa saja peran serta masyarakat dalam sistem politik di Cina?

1.5 SISTEMATIKA PENULISAN
Untuk memperoleh data-data atau informasi yang diperlukan dalammenyelesaikan tugas makalah ini, penulis menggunakan bantuan mediainternet. Kami merangkum, mengutip, kemudian menuliskannya dalambentuk makalah ini.
 

SISTEM POLITIK DI CINA
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 SEJARAH TERBENTUKNYA REPUBLIK RAKYAT CINA
Republic  Rakyat China
                 Lebih dikenali dengan nama China sahaja, ialah sebuahnegara diAsia Timuryang merupakan negarapaling ramai penduduknyadi dunia dengan didudukilebih 1,300 juta orang,yiaitu kira-kira satu perlimamanusia di bumi. China diperintah olehParti Komunis Chinadi bawahsistem satu parti,dan berbidang kuasa di 22wilayah (provinsi),limakawasan berautonomi,  empatperbandaran tadbiran langsung(Beijing,Tianjin,Shanghai,danChongqing), dan duakawasan pentadbiran khasyang berautonomi tinggi(Hong KongdanMacau). Ibu negara RRC ialahBeijing.Pada keluasan kira-kira 9.6 juta kilometer persegi (3.7 jutabatu persegi), RRC ialahnegara ketiga atau keempat terluasdi dunia dari segikeluasan keseluruhan, dannegara kedua terbesardari segi keluasan daratan.
SEJARAH NEGERI CINA
Sejarah Cina
adalah salah satu sejarahkebudayaantertua didunia.Dari penemuanarkeologidanantropologi,daerahCinatelah didiami olehmanusia purbasejak 1,7 juta tahun yang lalu.PeradabanCina berawal dari berbagainegara kotadi sepanjang lembahSungai Kuningpada zamanNeolitikum.Sejarah tertulis Cina dimulai sejakDinasti Shang(k.1750 SM-1045 SM). Cangkangkura- kuradengantulisan Cinakuno yang berasal dari Dinasti Shang memilikipenanggalan radiokarbonhingga1500 SM.Budaya,sastra,danfilsafatCina berkembang pada zamanDinasti Zhou(1045 SMhingga256 SM)yang melanjutkan Dinasti Shang. Dinasti ini merupakan dinasti yang paling lama berkuasa dan pada zaman dinasti inilahtulisan Cina modern mulai berkembang.Dinasti Zhou terpecah menjadi beberapa negara kota, yangmenciptakanPeriode Negara Perang.Pada tahun221 SM,Qin Shi Huangmenyatukan berbagai kerajaan ini dan mendirikan kekaisaran pertama Cina. Pergantiandinastidalam sejarah Cinatelah mengembangkan suatu sistem birokrasi yangmemungkinkanKaisar Cinamemiliki kendali langsung terhadap wilayah yang luas.Pandangan konvensional terhadap sejarah Cina adalah bahwa Cina merupakansuatu negara yang mengalami pergantian antara periode persatuan dan perpecahanpolitis yang kadang-kadang dikuasai oleh orang-orang asing, yang sebagian besarterasimiliasi ke dalam populasiSuku Han.Pengaruh budaya dan politik dari berbagaiwilayah di Asia, yang dibawa oleh gelombangimigrasi,ekspansi, danasimilasiyang bergantian, menyatu untuk membentukbudaya Cinamodern.
  SISTEM POLITIK DI CINA
2.2 CIRI-CIRI NEGARA REPUBLIK RAKYAT CINA

·         Pemerintahan Cina adalah Komunis dan Sosialis.
·         Sistem politik cina menganut sistem kekaisaran.
·         Bentuk negara cina adalah komunis yang terdiri dari hampir seluruh wilayahkebudayaan.
·         Bentuk pemerinyahahannya adalah Republik dan peresidensial.

2.3 SISTEM PEMERINTAHAN REPUBLIK RAKYAT CINA

Cina dengan nama lengkapRepublik Rakyat Cina(people’s Republic of Cina)
merupakan negara terbesar di daratan Asia yang masih bertahan dengan sistemkomunis. Dalam bidang politik, Cina menerapkan sistem komunis dengan kontrol yangketat terhadap warganya. Dalam bidang ekonomi, Cina menerapkan sistem ekonomipasar. Produk-produk Cina sekarang ini banyak membanjiri pasaran dunia.Pokok-pokok sistem pemerintahan di Cinaa. Bentuk Negara adalah kesatuan yang terdiri atas 23 provinsi.b. Bentuk pemerintah adalah revublik dengan sistem demokrasi komunis.c. Kepala negara adalah presiden, sedangkan kepala pemerintahan adalahperdana menteri. Presiden dipilih oleh Kongres Rakyat Nasional untuk masa jabatan 5tahun (biasanya merangkap sebagai Ketua Partai). Sedangkan untuk jabatan Perdanamenteri (Sekretaris Jenderal Partai) diusulkan oleh presiden dengan persetujuanKongres Rakyat Nasionald. Menggunakan sistem unikameral, yaitu Kongres Rakyat Nasional (National
People’s Congress or Quanguo Renmin Daibiao Dahui) dengan jumlah 2.979 orang.
Anggotanya merupakan perwakilan dari wilayah, daerah, kota dan provinsi untuk masa jabatan 5 tahun. Badan ini memiliki kekuasaan penting di Cina dengan anggotanya dariorang-orang partai komunis.e. Lembaga negara tertinggi adalah Konggres Rakyat Nasional yang bertindaksebagai badan legislatif (biasanya didominasi oleh partai komunis Cina)f. Kekuasaan yudikatif (Badan kehakiman) terdiri atas Supreme Peoples Court,Local Peoples Courts dan Special Peoples Courts. Kekuasaan yudikatif dijalankansecara bertingkat kaku oleh Pengadilan Rakyat di bawah pimpinan Mahkamah AgungCina.

SISTEM POLITIK DI CINA
2.3 SISTEM POLITIK REPUBLIK RAKYAT CINA
Cina adalah Negara yang mewakili ideologi komunisme. Walaupun saat ini,Cina sudah berwarna liberalism, tetapi ideologi komunisme tetap dipegangoleh rakyat Cina. Sistem politik di Cina mengikuti gaya system politikkomunisme yang bersifat totaliter dan sedikit dictator. Sistem kepartaian yangditetapkan adalah system satu partai, yaitu Partai Komunis. Badan tertinggi di Cinaadalah Kongres Rakyat Nasional. Kongres Rakyat Nasional adalah badan perwakilanyang terdiri dari wakil-wakil yang dipilih oleh Kongres tingkat provinsi, angkatanbersenjatam dan orang-prang Cina perantauan.Dalam menumbuhkan peran serta masyarakat terhadap politik, penguasakomunis berusaha menciptakan kehidupan masyarakat yang sesuai dengan norma-norma sosialisasi politik yang diciptakannya. Hal ini dilakukan oleh para penguasadengan cara mulai meninggalkan tradisi keluarga yang tidak sesuai dengan nilai-nilaikomunisme, menetapkan persamaan hukum antara laki-laki dan wanita, melaksanakanpendidikan umum, dan membangun jaringan komunikasi.Penguasa komunis juga berupaya mengikutsertakan setiap warga negaranyadalam kegiatan politik secara teratur dan terorganisir, terutama melalui gerakan-gerakan massa, perwakilan tingkat rendah, keanggotaan dalam organisasi massa, danpartisipasi dalam pengelolaan unit-unit produksi dan unit permukiman. Untukkepentingan kaderisasi calon-calon pemimpin komunis, dilakukan rekrutmen aktivis,kader dan anggota partai. Mereka diambil dari organisasi partai local dan para aktivis dilingkungan kekuasaan.Republik Rakyat Cina berdiri tahun 1949 setelah menumbangkan dinasti Cingyang berusia ratusan tahun. Tetapi barusan secara konstitusi cina ditetapkan dalamcongress rakyat nasional, yang menyebutkan antara lain bahwa demokrasi rakyat dipimpin oleh kelas pekerja dalam hal ini dikelola oleh Partai Komunis Cina sebagai intikepemimpinan pemerintah.Dalam kuasa eksekutif, jabatan kepala negara dihapuskan maka orang pertamadalam kepemimpinan Partai Komunis Cina yang menggantikan jabatan ini yaitu ketuaPartai itu sendiri, sedangkan Sekretaris Jenderal partai merupakan penyelenggarapemerintahan tertinggi setingkat Perdana Menteri. Kekuasaan legislatif dipegang olehkongres rakyat nasional yang didominasi oleh Partai Komunis Cina. Kekuasaanyudikatif dijalankan secara bertingkat oleh pengadilan rakyat dibawah pimpinanMahkamah Agung Cina. Pengadilan rakyat bertanggung jawab kepada kongres rakyatdi setiap tingkatan, namun karena perwakilan rakyat tersebut didominasi oleh PartaiKomunis Cina maka demokrasi masih sulit terwujud meskipun usaha perubahandilakukan terus-menerus dalam reformasi yang dicanangkan dalam rangka menghadapiera globalisasi.Bentuk sistem politik domestik China mengambil ide-ide dari ajaran MarxismeLeninisme. Penggunaan ajaran Marxisme Lenin digunakan semenjak tahun 1949, danberdasarkan ajaran ini sistem pemerintahan China tersentralisasi di tangan pemerintahpusat. Negara didominasi oleh partai tunggal China yaitu Partai Komunis China(Chinese Communist Party ), partai inilah yang secara umum menjalankan
SISTEM POLITIK DI CINA
Pemerintahan  dan memiliki pengaruh yang sangat kuat karena merupakan kekuatanpartai tunggal dalam pemerintahan China. Lalu bagaimana dengan struktur institusi
negara di China, “The main organs of state power are the National People's Congress (NPC), the State” (Ryser,2007). Kedudukan tertinggi adapadaNational People's Congress (NPC)atau Kongres Rakyat Nasional, dalam kongresyang diadakan satu tahun sekali ini, akan ditentukan peraturan pemerintah, undang-undang, menolak atau menerima rencana anggaran pembelanjaan negara yangdiajukan, dan juga memilih presiden dari China. Presiden dalam pemerintahan Chinamenjabat sebagai kepala negara, ia memiliki kewenangan untuk mengatur politik luarnegeri, Presiden memiliki pengaruh yang besar seperti yang dijelaskan oleh Ryser
,”However, since the president usually holds other key positions within the state institutions and the CCP, he possesses immense power (Cabestan 1994: 76 dalamRyser,2007). Dan untuk badan eksekutif dari sistem politik China dilakukan olehState Council atau Dewan Negara yang akan menyusun badan legislatif yang akan diajukankepada Kongres Rakyat Nasional dan mengatur mengenai perihal administrasi negarasecara general.Dalam kaitannya dengan sistem politik domestik di China, pemerintahan darinegara ini memiliki kebijakan pemerintah terkait Taiwan dan Tibet. Taiwan dan Tibetadalah dua daerah dari China yang ingin memisahkan diri dari pemerintahan pusatChina, namun pemerintahan China berusaha untuk tetap mewujudkan “
one China ” satukesatuan China bukanlah China yang terpisah-pisah. Lalu bagaimana dengan kebijakanpemerintah pusat China terhadap kedua daerah ini? Yang pertama adalah hubunganpolitik antara China dengan Taiwan. Taiwan telah memiliki peraturan yang terpisahdengan pemerintah pusat China sejak tahun 1949. Taiwan adalah sebuah daerah diChina yang berusaha untuk memerdekakan diri dari kesatuan pemerintahan pusatRepublik Rakyat China, sehingga Taiwan memilih untuk memiliki pemerintahan yangberdiri sendiri, pemerintah pusat China mengizinkannya namun dengan syaratpemerintah pusat tetap memiliki kontrol terhadap Taiwan, hal inilah yang sebenarnyamenjadi dilema baik bagi China maupun Taiwan, Taiwan ini menjadi tempat pelarian dari Chiang Kai Shek dan kelompok nasionalis China yang kalah dengan PartaiKomunis China . China dan Taiwan memiliki hubungan yang fluktuatif. Arthur S. Ding(2008) menjelaskan Di Taiwan terdapat dua partai utama yaitu Partai Kuomintang(KMT) danDemocrat Progresive Party (DPP). DPP merupakan partai yang jauh lebihtegas dan cenderung radikal serta sangat mengusahakan kemerdekaan Taiwan yangseutuhnya. DPP ini biasanya menjadi dominasi dalam pemerintahan Taiwan, namunpada tahun 2008 partai KMT berhasil memikat perhatian rakyat Taiwan dibandingkandengan DPP. Partai KMT adalah partai yang lebih memilih untuk kooperatif denganpemerintah pusat China dibandingkan dengan DPP, sehingga semenjak adanyadominasi dari partai KMT, membuat pemerintah China lebih mudah untuk bekerjasamadengan Taiwan dan memudahkan pemerintah untuk mewujudkan kepentingannya,

SISTEM POLITIK DI CINA
yaitu membentuk “One China ”. Hal yang menyebabkan partai KMT menjadi lebihdidominasi adalah karena ,”The voters have made clear they are fed up with DPP’smanipulation of social cleavage along the lines of independence (Taiwanese) versus pro-unification (Chinese) in order to garner political support ” (Ding,2008:9
7). Adanyakejenuhan ini membawa Taiwan merubah bentuk diplomasinya, dari diplomasikonfrontasi menjadi pendekatan yang ditandai oleh moderasi serta langkah-langkahuntuk memperbaiki hubungan antara China dan Taiwan.Bagaimanakah sebenarnya bentuk dari sistem politik Taiwan? Taiwanmenggunakan bentuk sistem super-presidensial, dimana presiden yang dipilih olehrakyat memiliki kekuasaan dan kewenangan untuk mengatur politik luar negeri dandomestik Taiwan. Arthur D. Sing kembali menjelaskan bahwa terdapat empat scenarioyang digunakan untuk mengkombinasikan pemilihan presiden dan referendum. Calonpresiden dari DPP yaitu Frank Hsieh adalah seorang nasionalis yang sangatmendukung adanya pergerakan fundamentalisme untuk lebih dekat dengan hubunganyang lebih intim dengan China. Dan apabila ia terpilih dapat melancarkan tercapainyareferendum. Adanya Hsieh ini dapat mengancam dari Presiden Chen. Skenario lainnya
adalah adanya Ma Ying Jieou, ia sangat mengusahakan tercapainya “
one China ”apabila ia menang, “DPP and fundamentalism groups will suffer a crippling defeated and will have to seek a new approach for a future comeback ” (Ding,2008:100).Kedua tokoh ini, yaitu Hseih dan Ma Ying Jieou dapat melakukan reformasi ekonomidan politik Taiwan, meskipun memiliki tujuan yang sama kedua tokoh ini memilki bentukkebijakan yang berbeda. Pada akhirnya Ma lah yang terpilih menjadi presiden. Bezlova
(2008) menjelaskan bahwa, “
Beijing had once proposed the "one country, two systems" formula, practised in the administration of Hong Kong as a possible model for Taiwan.The doctrine allows Chinese sovereignty to be applied to a territory, with foreign affairs and defence issues handled by the central government while domestic matters are left to a local administration ” (Bezlov
a,2008)Selanjutnya yang kedua adalah hubungan politik antara China dan Tibet. Tibetadalah salah satu daerah di China dengan masyarakat yang mayoritas memeluk agamaBuddha, oleh karena itu Tibet memiliki hubungan yang dekat dengan India, masyarakatTibet banyak yang menjadi biksu. Tibet mulai melakukan gerakan penolakan terhadapadanya intervensi pemerintah China pada tahun 1959, hal ini dilakukan olehmasyarakat Tibet, karena mereka menganggap pemerintah China telah mengintervensibudaya dan agama masyarakat Tibet. Dan pemimpin dari pergerakkan ini adalah DalaiLama, ia adalah sekretaris dari Partai Komunis di Tibet. Dalam mengusahakankemerdekaan dari Tibet, Dalai Lama menggunakan cara
middle way yang menjadi cirikhas dari perjuangannya, ia menyatakan bahwa masyarakat Tibet tidak mencarikemerdekaan namun mengusahakan kewenangan yang berarti bagi masyarakat Tibet.Dalai Lama memiliki pengaruh yang kuat, bahkan ia dianggap sebagai kunci utama bagi
 
SISTEM POLITIK DI CINA
pemerintah China untuk membuka pintu masyarakat Tibet agar mau bergabung dengan
pemerintah China. “
Controversy over the role of the Dalai Lama and the impact of PRC 
control on Tibet’s language, culture, and religion have prompted recurring actions by Congress in support of Tibet’s traditions-actions routinely denounced by Beijing (Dambaugh,2008).Dalam kasus ini, Kongres Amerika Serikat memberikan dukungan pada Tibet.Hal-hal yang menjadi pergesekan antara pemerintah China dan Tibet selain mengenaibudaya dan agama adalah adanya perbedaan pendapat mengenai status PanchenLama ke-11 dan hukum reinkarnasi. Salah satu usaha dari pemerintah China untukmencegah Tibet untuk merdeka adalah dengan memberikan pendidikan patriotik agarmasyarakat Tibet akan terbuka pemikirannya untuk berada dalam satu ikatan RepublikRakyat China, selain itu pemerintah China juga melakukan pengembangan ekonomi diTibet sehingga standard kehidupan di Tibet naik, namun masyarakat Tibet asli tidakdapat memenuhi biaya hidup ini, dan hanya etnis Han yang tinggal di Tibet saja yangdapat memenuhinya. Sudah 700 tahun yang lalu, China menyatakan bahwa Tibetmerupakan bagian dari China baik secara geografi maupun politik, namun Tibetmenolak karena mereka menganggap bahwa Tibet merupakan negara yang merdeka.Dalam konflik ini, Amerika Serikat ikut membantu penyelesaiannya, hal ini dilakukanoleh Amerika Serikat semenjak terjadi normalisasi hubungan antara China dan AmerikaSerikat pada tahun 1979. Namun permasalahan antara China dan Tibet ini masihsangat sulit untuk menemukan kata sepakat, hingga pada tahun 2008 terjadi demobesar-besaran dari masyarakat Tibet.Keterkaitan antara China-Taiwan dengan China- Tibet adalah bentuk hubunganpolitiknya. Hubungan politik antara China-Taiwan dan China-Tibet adalah adanyapergesekan atau konflik antara China dengan kedua negara ini, karena kedua daerahini menginginkan kewenangan yang utuh untuk mengatur daerahnya masing-masing.Hal ini dilakukan karena adanya ketidakcocokan antara kebijakan pemerintah Chinadengan kebutuhan Tibet dan Taiwan.


2.5 IDEOLOGI REPUBLIK RAKYAT CINA
Revolusi Cina telah berlangsung selama puluhan tahun sebelum partai komunismenjadi kekuatan yang besar dalam politik Cina dan mulai menguasaipemerintahannya. Anti imperialisme merupakan unsur paling kuat dalam pembentukanideologi komunis.
 




SISTEM POLITIK DI CINA
BAB III
PENUTUPAN
3.1 KESIMPULAN
Republik Rakyat China, lebih dikenali dengan nama China sahaja, ialahsebuah negara diAsia Timuryang merupakan negarapaling ramai penduduknyadi dunia dengan didudukilebih 1,300 juta orang,yaitu kira-kira satu perlima manusia di bumi.Cina merupakan negara terbesar di daratan Asia yang masih bertahandengan sistem komunis. Dalam bidang politik, Cina menerapkan sistem komunisdengan kontrol yang ketat terhadap warganya. Dalam bidang ekonomi, Cinamenerapkan sistem ekonomi pasar. Produk-produk Cina sekarang ini banyakmembanjiri pasaran dunia.Republik Rakyat China menggunakan dasar ajaran Marxisme Lenin dalamsistem politiknya sehingga sistem pemerintahan yang digunakannya adalah sistempemerintahan terpusat untuk mengatur seluruh daerah yang berada dalam bataswilayahnya. Namun ternyata tidak semua daerah di China setuju dengan sistemyang diusung China sejak tahun 1949 ini. Sehingga muncullah Taiwan dan Tibetsebagai daerah China yang menginginkan kemerdekaan untuk mengatur daerahmereka sendiri tanpa campur tangan dari pemerintah pusat. Hal ini dilakukan olehTaiwan, karena Taiwan menjadi tempat pelarian dari Chiang Kai Shek yangmerupakan tokoh nasionalis dan kelompoknya yang sangat tidak setuju denganPartai Komunis di Cina, dan Tibet adalah daerah yang mayoritas beragamaBuddha dimana pemerintah ingin mengintervensi budaya dan agama dari Tibet.Sehingga muncullah keinginan untuk mendapatkan otoritas yang utuh dari kedua
negara ini. Namun pemerintah China akan terus berusaha mewujudkan “One China ”, seperti yang dikatakan oleh Du Qinglin.




KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim.
 Alhamdulillahirabbil’alamin. Tiada sesal kami panjatkan puja dan puji syukur ke
hadirat Illahi Rabbi, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikanmakalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kami yang berjudul SISTEM  POLITIK  DI CINA.Makalah ini kami susun untuk memenuhi syarat kelengkapan diskusi dalam matapelajaran Biologi kelas sepuluh yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru Mata PelajaranPKn. Atas terselesaikannya makalah ini, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada:
1. Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya dalam penyelesaianmakalah ini.
2. Bapak dan Ibu guru mata pelajaran PKn yang telah membimbing kami, memberikanpengajaran, kritik, saran dan masukan yang sangat berarti dalam penyelesaianmakalah ini.
3. Orangtua yang tiada henti mendukung berjalannya pembuatan makalah ini, baikmoril maupun materil.
4. Semua teman-teman dan pihak-pihak yang telah turut membantu dan mendukungdalam penyelesaian makalah.
5. Semua Pembaca yang telah membaca makalah ini.Semoga mereka yang telah mendukung kami mendapatkan rahmat serta kasihsayang dari-Nya dan menemukan manfaat dari makalah ini.
Kami telah berusaha membuat makalah ini sebaik-baiknya, tetapi sesungguhnyakami hanyalah manusia biasa yang penuh kekhilafan. Karena kesempurnaan itudatangnya dari Allah SWT. dan ketidak sempurnaan itu datangnya dari kami sendiri.Kami menyadari masih banyak kekurangan daripada makalah ini, kami menerimasegala kritikan dan saran yang dapat membangun kami agar dapat membuat makalahyang jauh lebih baik lagi.

IRMA WENI SIMANJUNTAK
MAKALAH SISTEM PEMERINTAHAN CHINA


Disusun oleh :


IRMA WENI SIMANJUNTAK




PEMERINTAH KOTA PEMATANGSIANTAR
SMA SWASTA ERLANGGA
Jalan Merdeka No.280-286 Pematangsiantar
Kecamatan Siantar Timur

Komentar

Postingan Populer